MALANG KOTA – Selama ini, kue wingko memang sudah identik sebagai oleh-oleh khas daerah lain. Namun, lewat sentuhan kreatif Indriantien Handirini, jajanan manis ini bisa tampil beda. Dikemas dalam kotak plastik mini berjumlah 8 biji per pack-nya, kue imut ini kian melengkapi oleh-oleh khas Malang.

Ada beberapa varian rasa yang ditawarkan Indri lewat produk wingko imut buatannya. Mulai dari cokelat, durian, hingga keju. Pengalamannya menekuni usaha kue-kue basah seperti lumpur, sus, pancake, risol, dan lain-lain membuatnya tak kesulitan menghadirkan jajanan tersebut. Kini kue berbahan olahan kelapa yang dibuat ibu tiga anak ini laris manis.

”Awalnya saya nyoba bikin, dan hasilnya saya titipkan ke supermarket dekat rumah. Lalu, dari bentuk kue wingko yang porsi besar itu, saya dapet ide membuat yang ukuran kecil,” ungkap ibu yang mengaku hobi jalan-jalan ini.

Karena respons pasar cukup bagus, Indri makin bersemangat membuat beberapa varian rasa. Hal itu tak menjadi kendala, karena dunia kuliner kue basah sudah dia tekuni selama kurang lebih empat tahun.

Dibutuhkan waktu hingga tiga jam bagi Indri untuk membuat Wingko Kane –nama untuk wingko imut buatannya itu.

Tiap tahapan pembuatan wingko dipantau sendiri. Untuk variasi dan campuran rasa, dia memilih menggunakan buah asli dan tanpa bahan pengawet.

Meski begitu, kue ini masih tetap bisa dinikmati dalam jangka waktu maksimal 3 hari. ”Saya ingin mengenalkan produk jajanan tradisional agar tetap eksis. Produk wingko ini cocok buat camilan anak-anak karena porsinya yang kecil,” ujar ibu yang beralamat di Jalan Griya Shanta E325, Soekarno-Hatta, ini.

Dalam hal pemasaran produk, Indri yang asli Malang ini banyak memanfaatkan media sosia seperti Instagram dengan @alinekueh. Selain itu, dia tetap rutin menitipkan produknya ke supermarket. ”Alhamdulillah, sampai saat ini sudah ada 5 reseller untuk produk andalan wingko ini,” ungkapnya.

Indri bertekat membesarkan bisnis kuenya dengan terus menambah jumlah reseller. ”Sehingga, produk saya juga bisa dikirim ke seluruh Indonesia,” katanya.
Yang terpenting, dia berharap wingko imut bisa menambah daftar oleh-oleh khas Malang, selain keripik tempe dan buah apel.

Adapun bagi pembaca yang berminat terhadap bisnis UKM Wingko Imut  ini bisa menghubungi  Andriantien Hardini di 082232208566 Griyashanta E 325 Malang (mg3/c1/nay)

  • Informasi yang bermanfaat, semoga di mudahkan dan dilantjarkan

    Salam,
    Kue Basah Seribuan Malang
    WA. 0853 3066 0808