Onigiri Pelangi, Perpaduan Cita Rasa Jepang dan Jawa

MALANG KOTA – Onigiri merupakan makanan khas Jepang di zaman dahulu. Makanan ini terdiri dari kepalan nasi yang berisi lauk dan diselimuti selembar nori (lembaran rumput laut yang dikeringkan).

Di Malang juga ada produsen onigiri. Namun, onigiri di sini mengalami modifikasi rasa, sehingga lahir Onigiri Rawon, Onigiri Javacurry, Onigiri Carai.

Nama-nama tersebut cukup menggelitik rasa ingin tahu konsumen. Seperti apa onigiri yang merupakan makanan khas Negeri Sakura namun ada rawon di dalamnya? Rasa keingintahuan inilah yang diharapkan akan membawa konsumen membeli produk kuliner milik Tritisni Ely Widyanti, warga Sukun.



”Cita rasanya Indonesia, tapi dibuat ala-ala Jepang gitu. Makanya namanya Onigiri Pelangi, karena campuran Indonesia dan Jepang seperti pelangi,” ujar perempuan yang akrab disapa Ely ini sambil tertawa.

Perbedaan onigiri buatan Ely dengan onigiri Jepang adalah cita rasa khas lidah orang Indonesia yang ada pada Onigiri Pelangi. Varian rasa onigiri yang dibuat merupakan masakan Indonesia seperti Onigiri Rawon, Onigiri Javacurry, Onigiri Carai, Onigiri Ayam, Onigiri Sosis, dan Onigiri Tuna. Dia menyampaikan, nama-nama menu tersebut dicampur dengan bahasa Jepang agar pembeli kepo dengan rasanya.

Onigiri Pelangi dibanderol dengan harga yang sangat pas di kantong, yakni Rp 6.000 per potongnya. Dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, konsumen sudah bisa menikmati sajian bergizi omega dari tuna, karbohidrat yang cukup dari nasi, dan rumput laut yang berguna untuk melancarkan pencernaan. ”Favorit pembeli itu yang rasa pedas, Onigiri Carai (pedas) Tuna dan Javacurry,” katanya.

Ely memproduksi Onigiri Pelangi di kediamannya, Jalan  Manyar Nomor 71, RT 16 RW 08, Sukun, Kota Malang.

Sudah 3 bulan ini Ely memiliki dua outlet lain yang terletak di depan Universitas Brawijaya dan di Jalan Tirto Utomo, Landungsari.

Selain itu, setiap minggu Ely selalu hadir di CFD di Jalan Ijen. Promosi yang dia lakukan melalui media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Ely juga memberdayakan mahasiswa dengan menjadikan mereka reseller Onoigiri Pelangi. ”Siapa aja yang mau jadi reseller untuk namba-nambah uang jajan, monggo,” ujarnya.

Meski produknya masih dipasarkan di sekitar Malang Raya, namun Onigiri Pelangi sudah berhasil mencuri perhatian konsumen dengan keunikannya.

Ke depan, Ely juga ingin memiliki franchise di luar Kota Malang. ”Saya membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin membuka franchise” ujarnya.

Adapun bagi pembaca yang berminat terhadap bisnis UKM ONIGIRI RICE ini bisa menghubungi Elly di 087701458417 Jl. Manyar No 71 RT 16 / RW 08, Sukun Malang (nr8/c1/lid)