Galery Warna Warni, Puding Cantik Unik dan Colorful

KEAHLIAN membuat puding itulah yang diajarkan Nia Rahayu lewat UKM (usaha kecil dan menengah) bernama AK Nia Home Pudding Art & Home Monte Acrylic. Selain memproduksi puding beragam jenis, ibu tiga anak ini juga membuka kelas membuat puding. Lewat kursus tersebut, dia mengajarkan bagaimana cara membuat puding-puding yang menarik.

Sabtu lalu (27/1), wartawan Radar Malang mendatangi salah satu kelasnya di Galery Warna Warni Toko Aneka OlehOleh Khas Malang, Jalan Raya Kedungkandang No 347. Kebetulan, siang itu diadakan kelas basic yang mengajarkan bagaimana membuat pudding art. Yakni, dalam pudingnya ada ornamen bunga-bunga. Ada 10 peserta yang mengikuti kelas tersebut.

Awalnya, peserta diminta membuat kanvasnya terlebih dulu. Kanvasnya ini terbuat dari nutrijel plain (tanpa rasa) yang juga tanpa warna diracik dengan nutrijel, gula, dan air. Kemudian, dengan menggunakan tool art (alat untuk mencetak kelopak dan daun), mereka
menyuntikkan bahan warna makanan untuk membuat bentuk bunga.

Setelah bunga-bunga dibuat, dilapisi lagi dengan menggunakan nutrijel yang diracik dengan susu dan gula. ”Harga pudding art bunga tanpa cake Rp 65 ribu dengan ukuran 17×12 cm. Nah, jika menggunakan cake, harga mulai Rp 85 ribu–Rp 500 ribu, bergantung ukurannya,” bebernya.



Dia menjelaskan, salah satu keuntungannya jika menggunakan cake, puding akan tahan lebih lama.. Nia sendiri membuka kelas pudding art sejak Desember 2015. Pada saat itu, dia terinspirasi dari ibu-ibu di sekitarnya yang banyak menganggur. ”Awalnya melihat banyak ibuibu di sekitar yang menganggur.

Daripada tidak ada kegiatan dan cuma ngerumpi kan lebih baik saya ajari membuat pudding art. Lumayan bisa menambah penghasilan mereka juga. Dengan modal segitu, keuntungannya bisa 2 kali lipat,” ujarnya. (ima/c2/nay)