MALANG KOTA – Bagi yang ingin bekerja di luar negeri tapi belum memiliki skill, ada baiknya bergabung di sekolah spa Goldengate Tourism Academy. Sekolah yang berdiri sejak 2014 tersebut khusus menerima perempuan yang dilatih memiliki keterampilan di bidang spa.  Mereka disiapkan untuk bekerja sebagai tenaga terapis profesional.

Owner Goldengate Tourism Academy Eni  Andriyanti menyatakan, sekolah yang beralamat di Jalan Sumpil III A Nomor 2 Malang ini telah mencetak ratusan terapis.  ”Jadi, di sini kami menerima dari semua kalangan. Ada yang baru lulus SMA, ada yang sudah jadi ibu rumah tangga dan bahkan ada juga mantan TKW,” terangnya.

Andri–sapaan akrabnya–menyatakan, peserta pelatihan disiapkan untuk dikirim ke luar negeri untuk menjadi terapis-terapis andal. Hingga saat ini, Goldengate Tourism Academy sudah berhasil mengantarkan  115 peserta didiknya menjadi terapis spa di hotel-hotel di luar negeri.

Beberapa di antaranya di Tiongkok, Malaysia, Ceko, Arab Saudi, Qatar, dan  Emirate Arab.  Di masing-masing negara tersebut, Andri telah memiliki link dari masing-masing HRD hotel tersebut.

Tidak ada kriteria yang  khusus agar bisa menjadi peserta Goldengate Tourism Academy.  Hanya, ada batasan usia yakni antara 20–35 tahun.

”Siapa pun bisa belajar di sini selagi mereka mau,” terangnya. Mereka  bakal dibina mulai dari nol oleh tenaga profesional di bidangnya.

Para peserta pelatihan mengikuti pembinaan selama 3 bulan. Selain mendapatkan materi di kelas, mereka juga memperoleh materi  skill terapis spa.  Mulai dari keterampilan spa aroma theraphy, footbath, traditional javanese massage, hot stone massage, reflexology, facial, manicure pedicure, body wrap, body lotion, hingga herbal bath.

Sedangkan untuk teori umum ada human anatomy tentang pengetahuan tubuh manusia yang diajarkan langsung oleh sarjana kedokteran. Sedangkan profesional  etiket diajarkan langsung oleh Andri sendiri. Ada juga materi tentang product knowledge, yakni pengetahuan tentang produk hingga English class. Tak hanya itu, peserta pelatihan juga dilatih bagaimana membuat produk untuk spa.

Setelah mendapatkan pelatihan, mereka dikirim ke sejumlah hotel-hotel yang ada di Kota Malang, salah satunya Hotel Rich Malang untuk on the job training. Tahapan ini  sebagai persiapan untuk ditempatkan di luar negeri sambil menunggu pembuatan visa.  ”Setelah visa jadi, mereka baru dikirim ke luar negeri selama dua tahun,” tambah Andri.

Adapun bagi pembaca yang berminat terhadap bisnis UKM sekolah Spa Goldengate Tourism Academy ini bisa menghubungi Andriyanti di 082232929989 Jl. Sumpil IIIA / No. 2 Malang (nr3/c2/nay)