Arica Bakery menawarkan beragam varian roti. Mulai roti isi selai stroberi, kue basah, pizza strudel, pastry, hingga burger hitam. Roti-roti itu dikemas dalam kardus roti berwarna cokelat.

Dan jangan khawatir, roti-roti buatan Arica Bakery selalu fresh. Sebab, produksi roti terus berjalan setiap hari. Baik di rumah Sugeng-Khuthobah di daerah Kelurahan Gadang, maupun outlet di kawasan Mergosono. ”Untuk yang di rumah, kami khusus menerima kue basah. Sementara untuk roti, kebanyakan kami produksi di outlet,” kata Sugeng saat ditemui Jumat (24/11).

Pemasaran produknya tak hanya sebatas di wilayah Malang Raya. Sugeng dan istrinya itu juga melayani pesanan dari daerah-daerah tetangga seperti Pasuruan. ”Untuk promosi, kami biasanya menggunakan WhatsApp. Alhamdulillah, dari dulu sampai sekarang pelanggan tidak pernah berkurang. Malah semakin bertambah,” ujar Sugeng.

Kuthobah, sang istri menuturkan, usaha Arica Bakery awalnya terinspirasi dari kegemaran sang anak menyantap roti. Kebetulan, Uut –sapaan akrab Khuthobah– punya keterampilan dan hobi membuat roti. Terutama roti roll dan pia.

Suatu ketika, di tahun 2007, guru SDN Bandungrejosari 3 ini memberanikan diri untuk menjual roti buatannya. ”Pagi-pagi, saat berangkat ke sekolah, saya titipkan roti di beberapa warung,” kata Uut.

Tak dinyana, banyak orang yang cocok dengan roti buatan Uut. Hingga akhirnya, Uut pun memberanikan diri untuk mebuka outlet sendiri.

Dia mengatakan, resep sukses bisnisnya adalah konsisten soal cita rasa. Meski bahan baku naik, Uut tak pernah mengurangi takaran untuk membuat roti. ”Saya selalu menjaga kepercayaan konsumen,” ujar dia.

Bahkan, demi menjaga kepercayaan itu, Uut sampai rela rugi. ”Suatu ketika kami dapat pesanan 100 roti. Tapi, ternyata setelah jadi, bentuknya tidak bagus. Teksturnya kasar. Akhirnya kami bikin ulang. Sementara roti yang gagal itu saya bagi-bagikan ke pegawai,” pungkasnya.

Adapun bagi pembaca yang berminat terhadap bisnis UKM Aneka Roti & Burger Hitam ” ARICA BAKERY ” ini bisa menghubungi Uut Zaen / Sugeng di 0821 4261 3858 Jl. Perum.Gadang Cahaya Raya K – 1 Malang. (nr6/c1/muf)